Senin, 22 Oktober 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2011-11-08 06:49:19
KUNJUNGAN RAPAT KERJA KOMISI III DPR RI KE EMPAT LINGKUNGAN PERADILAN SE SUMATERA UTARA.

Medan - Humas, Komisi III DPR RI yang dipimpin DR. Benny K Harman SH., MH. mengunjungi Medan dalam rangka kunjungan kerja ke empat lingkungan peradilan Sumatera Utara di Pengadilan Tinggi Medan (31/10/2011). Rapat kali ini membahas realisasi anggaran serta upaya yang dilakukan dalam mencapai target PNBP T.A. 2011. Selain itu rapat ini juga mengupas lebih dalam mengenai pengawasan di empat lingkungan badan peradilan di Sumatera Utara di antaranya mengenai pelaksanaan Reformasi Birokrasi, perkara-perkara yang menonjol serta penindakan terhadap pegawai maupun hakim yang melakukan tindak pidana dan atau pelanggaran disiplin.

"Tidak bisa Komisi Yudisial menjatuhkan sanksi kepada hakim yang menerapkan undang-undang! Tidak boleh hanya karena beda pandangan dianggap hakim nakal." Papar Benny K Harman ketika ada anggota rapat yang menanyakan wajar tidaknya campur tangan KY dalam keputusan hakim. "Ini tidak bisa main-main! Hakim memiliki independensi. Jangan sampai diintervensi!" Tambahnya.

Ketua Pengadilan Negeri Stabat, Ibu Dewi memaparkan tentang pentingnya Restorative justice, menempatkan anak-anak yang bermasalah dengan hukum di tempat selayaknya. Beliau memberikan contoh tentang kasus perkara anak di Stabat yang menurun 50 persen, di mana tahun lalu terdapat kurang lebih 191 kasus anak berperkara, tahun ini kurang lebih hanya 50 kasus. Angka itu bisa menurun karena Pengadilan Negeri Stabat telah melaksanakan Restorative Justice, selain itu Pengadilan Stabat memiliki pengadilan ramah anak, Ruang tunggu ramah anak dan layanan teleconference untuk sidang anak. "Untuk itu saya berharap kepada yang terhormat para anggota dewan, untuk segera merumuskan dan mensahkan undang-undang hukum anak, agar anak-anak Indonesia yang memiliki masalah dengan hukum ditempatkan di tempat yang selayaknya" harap Dewi.

Acara yang dimulai dengan makan malam bersama ini dihadiri oleh 21 anggota DPR, Ketua Pengadilan Tiggi Medan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Ketua Pengadilan Tata Usaha Medan dan Ketua Pengadilan Tinggi Militer Medan. Hadir pula seluruh ketua Pengadilan Tingkat Pertama se Sumatera Utara. Selain di Sumatera Utara, kunjungan kerja serupa ini juga berlangsung di provinsi Banten dan Provinsi Maluku Utara. Acara ini ditutup dengan saling memberikan cindera mata. (s_hmari_db)

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta