Minggu, 24 Juni 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2011-11-21 07:22:59
KETUA MA : "MASYARAKAT HARUS MENDUKUNG INDEPENDENSI HAKIM"

MANGGARAI BARAT - HUMAS, "Independensi hakim dalam pelaksanaannya harus didukung oleh masyarakat. Untuk itu saya menghimbau kepada para pencari keadilan untuk jangan mencoba-coba melakukan pendekatan dalam bentuk apapun kepada para hakim. Karena perbuatan tersebut merendahkan profesi hakim. Kalau memang yang berperkara memiliki bukti-bukti yang memperkuat argumentasi dalam persidangan untuk apa melakukan pendekatan kepada hakim!" . Hal itu disampaikan Ketua Mahkamah Agung DR. Harifin A Tumpa., SH., MH dalam peresmian dan pengoperasian 6 pengadilan negeri dan 16 pengadilan agama yang dipusatkan di kantor Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Rabu, 16 November 2011 pukul 08.30 WITA. Ketua Mahkamah Agung juga berpesan kepada para hakim untuk tidak menanggapi apabila ada pihak-pihak yang berusaha menggoyahkan independensi hakim. "Hukuman bagi para aparat keadilan yang melakukan perbuatan tercela, sanksi-nya sangat berat." tambahnya lagi.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Muda, Sejumlah Hakim Agung, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Para Muspida, dan undangan lainnya. Peresmian pengoperasian merupakan salah satu wujud peran lembaga peradilan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terutana para pencari keadilan agar supaya keterjangkauan lembaga peradilan dengan masyarakat dan sebaliknya dalam pelayanan berproses dan berperkara tidak terhalang oleh jarak dan waktu yang membutuhkan biaya yang relative besar. Mengingat karakteristik Propinsi NTT terdiri dari pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut dimana pada waktu-waktu tertentu tidak dapat dilayari karena ombak besar. Penduduknyapun juga tersebar dan tinggal di lembah dan gunung dengan jarak tempuh antar kota yang dapat mencapai ratusan kilometer. Pembentukan pengadilan baru tentunya akan membawa harapan baru bagi masyarakat yaitu terselenggaranya pelayanan yang baik sekaligus terlaksananya prinsip peradilan yang cepat, sederhana, dan berbiaya ringan.Acara peresmian dan pengoperasian ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua Mahkamah Agung yang didampingi oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Ketua Pengadilan Tinggi Kupang dan unsur muspida manggarai barat.

Berikut nama-nama pengadilan yang diresmikan pengoperasiannya oleh Ketua Mahkamah Agung :

A. Pengadilan Negeri

1. Pengadilan Negeri Pagar Alam
2. Pengadilan Negeri Kasongan
3. Pengadilan Negeri Oelamasi
4. Pengadilan Negeri Pasangkayu
5. Pengadilan Negeri Andolo
6. Pengadilan Negeri Pasarwajo

B. Pengadilan Agama

1. Pengadilan Agama Kota Tasikmalaya
2. Pengadilan Agama Kota Banjar
3. Pengadilan Agama Amurang
4. Pengadilan Agama Marisa
5. Pengadilan Agama Parigi
6. Pengadilan Agama Andolo
7. Pengadilan Agama Pasarwajo
8. Mahkamah Syariah Simpang Tiga Redelong
9. Pengadilan Agama Kota Padang Sidempuan
10. Pengadilan Agama Mentok
11. Pengadilan Agama Lebong
12. Pengadilan Agama Batu Licin
13. Pengadilan Agama Batu Taliwang
14. Pengadilan Agama Labuan Bajo
15. Pengadilan Agama Nunukan
16. Pengadilan Agama Arso

(s_hmari_db)

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta