Kamis, 18 Januari 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2012-05-16 08:33:48
HUMAS MA SELENGGARAKAN SOSIALISASI PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN DAN BIMBINGAN TEKNIS KEHUMASAN

Surabaya - Humas, Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kehumasan dan Sosialisasi Pemberdayaan Perpustakaan secara pararel di hotel Empire Palace Surabaya (15/05/2012). Kegiatan ini ditujukan untuk 4 (empat) badan peradilan di wilayah propinsi Jawa Timur.

Bapak Fransc. Loppy SH., MBA., M.Hum selaku wakil dari Pengadilan Tinggi Surabaya dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa pola pikir pasif harus diubah demi meningkatkan kinerja Mahkamah Agung dalam rangka Reformasi Birokrasi. "Saya sangat berharap kegiatan ini menjadi sumbangsih yang sangat positif terutama dalam memperbaharui pola pikir kita semua dalam mendukung setiap unit kerja dalam mengaplikasikan reformasi birokrasi di Mahkamah Agung dan badan Peradilan di bawahnya." Harapnya.

Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh Dr. Drs. H. Aco Nur, MH. bahwa kegiatan ini diselenggarakan demi meningkatkan sumber daya warga Mahkamah Agung untuk merealisasikan misi Mahkamah Agung menjadi Badan Peradilan yang Agung. Kepala Badan Urusan Administrasi itu menyampaikan bahwa jika sumber daya lemah, aplikasi misi hanyalah sia-sia.

Kegiatan ini juga untuk mendukung realisais program reformasi birokrasi. Humas Mahkamah Agung sendiri, menurut Aco Nur, telah melaksanakan Keterbukaan informasi kepada publik satu program unggulan reformasi birokrasi, bahkan sebelum undang-Undang Keterbukaan Informasi ada. Jadi Siapapun dimanapun bisa mengakses informasi mengenai perkara dengan mudah dan cepat melalui teknologi internet. Program keterbukaan ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya penilaian dari Komisi Informasi publik (KIP) yang menilai bahwa Mahkamah Agung berada di urutan ke 6 (enam) dari 82 lembaga yang paling terbuka kepada publik. Lebih dari itu Mahkamah Agung RI mendapatkan rekor dunia dalam capaiannya memberikan 150.000 (seratus lima puluh ribu) informasi perkara secara terbuka di website.

Capaian Humas MA lainnya adalah digitalisasi perpustakaan. Peralihan sistem "kolot" ke sistem teknologi dalam perpustakaan MA. Buku-buku koleksi perpustakaan MA tidak hanya bisa dibaca dengan mengunjungi perpustakaan. "Jadi, para hakim atau siapapun yang waktunya sangat sempit, tidak perlu ke perpustakaan untuk membaca buku-buku yang dimiliki Perpustakaan MA. Mereka bisa membacanya lewat internet di manapun dan kapanpun, karena koleksi buku Perpustakaan MA kini sudah didigitalisasi." Ungkap Aco Nur.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Hakim Agung, Syamsul Ma’arif SH., LLM., Ph.D, Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung, Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Para ketua Pengadilan tingkat Tinggi se Jawa Timur, para peserta dan undangan lainnya. (s_hmari_db)

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta