Selasa, 14 Agustus 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2013-07-10 10:02:45
KATA SAMBUTAN KETUA DALAM RANGKA PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN WAKIL KETUA PENGADILAN TINGGI TUN JAKARTA


Yang saya hormati :

-         Dirjen Badan Peradilan Militer dan TUN - MARI beserta ibu,

-   Para Ketua/Wakil Ketua Pengadilan tingkat Banding di tiga lingkungan peradilan,

-         Para Pejabat Eselon II MARI masing-masing beserta ibu,

-   Para Hakim Tinggi pada PTTUN Jakarta, Para Ketua/wakil Ketua PTUN se-wilayah PTTUN Jakarta,  serta

-         Para ibu Dharma Yuktikarini dan seluruh undangan yang tak dapat disebut satu persatu , yang kami muliakan dan kami banggakan.  Assalamu ‘alaikum wr.wb, syallom, salam sejahtera buat kita semua.

 

Pertama-tama patut kita bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, Allah yang Rahmani dan Raschimi oleh karena karunia dan rahmatnya yang selalu baru setiap hari, pada pagi ini telah dapat berlangsung acara pokok kita yaitu pengambilan sumpah dan sekaligus pelantikan Bapak. H.Bambang Eddy Sutanto Soedewo, SH.MH sebagai Wakil Ketua PTTUN Jakarta dengan tertib dan lancar. Selanjutnya pada kesempatan  yang berbahagia ini saya dan seluruh Kel besar PTTUN Jakarta juga mengucapkan terima kasih atas kerelaan bapak/ibu para undangan menyisihkan waktu untuk hadir guna menyaksikan dan memberi doa restu pada acara pelantikan ini.

Para hadirinn yang terhormat,  acara pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat, bukanlah sekedar acara seremonial melainkan mengandung makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanat yang telah dipercayakan oleh negara kepada pejabat yang baru saja dilantik, sehingga seharusnyalah amanat tersebut diterima dengan rasa tanggungjawab disertai dedikasi, integritas dan sikap profesionalisme.

Dan sebagaimana kita ketahui bahwa mutasi, rotasi dan juga promosi pejabat adalah bagian dari sistem pembinaan aparatur dan penataan struktur organisasi secara berkesinambungan, yang semua ini dilakukan dengan tujuan untuk  meningkatkan kinerja organisasi sekaligus pelayanan publik yang semakin berkualitas.

Dengan selesainya acara pengambilan sumpah dan pelantikan ini , maka secara resmi kekosongan jabatan Wakil Ketua PTTUN Jakarta selama  kurang lebih satu tahun telah teratasi. Selaku pimpinan PTTUN Jakarta , saya berharap agar pak Bambang sbg pejabat yang baru dilantik dapat segera menyesuaikan diri dengan tugas barunya sbg Wakil Ketua PTTUN Jakarta, meskipun saya yakin beliau sudah tidak asing dengan tugas ini karena sebelumnya beliau adalah Wakil Ketua PTTUN Surabaya dan selain itu juga pernah bertugas sebagai Hakim Tinggi PTTUN Jakarta, sehingga sedikit banyak tentu memahami  dinamika permasalahan yang ada di sini, pemahaman terhadap permasalahan yang demikian tentu akan menjadi modal yang berguna untuk  bekal melaksanakan tugas barunya sebagai WKPTTUN Jakarta.

Pepatah Prancis mengatakan : Noblesse oblige, yang arti harfiahnya, “pada kebangsawanan terkandung suatu kewajiban dan tanggung jawab”, dalam konteks ini harus dibuktikan bahwa kepercayaan yang diberikan oleh negara kepada Bapak Bambang melalui para petinggi kita di MA, tidak salah, artinya telah sesuai prinsip “the right man on the right place” dan itu hanya bisa dibuktikan dengan karya nyata melalui kinerja yang tinggi (High Performance), yaitu dengan memainkan peran sebagaimana yang dipercayakan kepada kita dengan sebaik-baiknya.

Dalam kaitan inilah perlu dipahami dengan seksama tugas pokok Wakil PTTUN, yang antara lain sebagai koordinator pengawasan selain tugas-tugas lain yang diberikan oleh ketua. Dengan pemahaman yang mendalam terhadap Tupoksi kita, diharapkan nantinya menghasilkan kinerja yang optimal.  Selain  itu, PTTUN Jakarta juga masih mempunyai banyak tugas yang harus diselesaikan, yaitu berkaitan dengan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) yang harus terus disupervisi pelaksanaannya baik di satker kita maupun di satker-satker wilayah PTTUN Jakarta. Juga dalam rangka menyongsong terwujudnya peradilan modern,  PTTUN Jakarta saat ini sedang  memprioritaskan pembangunan sistem teknologi informasi (IT) yang solid dan terintegrasi dengan MA, Dirjen MILTUN dan satker-satker di PTTUN Jakarta, lebih-lebih dengan akan masuknya sengketa TUN Pemilu legislatif yang diperkirakan pada bulan Agustus - Oktober tahun ini, yang karena penyelesaiannya kasusnya dibatasi hanya dalam jangka waktu 21 hari sehingga sangat diperlukan dukungan sistem IT yang memadai. Belum lagi tugas-tugas  lain yang menyangkut pembinaan dan pengawasan terhadap jalannya penyelenggaraan peradilan diseluruh satker PTTUN Jakarta yang meliputi Jabar, DKI, Banten dan seluruh Kalimantan, semuanya itu tentu membutuhkan suatu sinergi atau kerja sama yang baik antara Ketua, Wakil Ketua , Para Hakim Tinggi dan seluruh unsur di PTTUN Jakarta agar pada akhirnya tercapai hasil yang kita harapkan.

“ Berbenah sambil membangun, membangun sambil berbenah” itu yang dikatakan DR.Tanri Abeng, Kita benahi kekurangan –kekurangan yang ada, pada saat yang sama kita bangun infra struktur dan sumber daya manusia yang berkualitas secara berkelanjutan.  

Dengan komitmen yang kuat dan kerja keras bahkan harus bekerja di atas rata-rata atau “runing extra miles” dan dilakukan bersama-sama, saya yakin tugas seberat apapun akan dapat kita atasi.

Mengakhiri sambutan ini, saya dan seluruh kel. Besar PTTUN Jakarta mengucapkan selamat atas pelantikan pak Bambang sabagai Wakil PTTUN Jakarta. Dan sekaligus mengucapkan selamat datang kembali di PTTUN Jakarta kepada Pak Bambang beserta keluarga, semoga  sukses dalam mengemban tugas sebagai Wakil PTTUN Jakarta dan ibu Bambang juga diharapkan nanti bersama ibu ketua PTTUN Jakarta selaku  pembina, dapat lebih mengaktifkan dan menggairahkan kegiatan Dharma Yuktikarini di lingkungan PTTUN Jakarta.

Tak lupa menyambut  bulan suci ramadhan 1413 H kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, mohon maaf lahir dan batin.  Sekian sambutan saya, wassalamu ‘alaikum wr wb.

 

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta