Minggu, 18 Nopember 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2014-01-22 09:58:29
Launching Pengoperasian Aplikasi SIAD-DILMIL dan SIAD-PTUN oleh Ketua Mahkamah Agung RI Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H.,M.H.

Jakarta, 21 Januari 2014. Bertempat di Ruang Data Center Dirjen Badimiltun Lantai 9 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI pada jam 13 wib sampai dengan selesai telah dilakukan launching Aplikasi SIAD-DILMIL dan SIAD-PTUN. Dengan dihadiri oleh Hakim-Hakim Agung dan pejabat lainnya, acara launching diawali dengan kata sambutan dari Dirjen Badimiltun Bapak Sulistyo, S.H.,M.Hum. Pengembangan teknologi informasi di lingkungan Ditjenmiltun baik di Peradilan Tata Usaha Negara maupun di Peradilan Militer telah dimulai sejak tahun 2012 yang meliputi :

1.    Aplikasi Info Perkara.

2.    Aplikasi Monitoring Perkara.

3.    Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkara (SIAD).

4.    Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG).

Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkara Pengadilan Militer (SIAD-DILMIL) dan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkara Pengadilan Tata Usaha Negara (SIAD-PTUN) merupakan pengembangan dari sistem administrasi perkara berdasarkan Pola Bindalmin Peradilan Tata Usaha Negara/Peradilan Militer dan Buku II Mahkamah Agung tentang Pedoman Teknis Administrasi dan Tekni Peradilan yang dirancang secara otomatis dan terintegrasi berbasis komputer. Meskipun baru diterapkan secara menyeluruh di pengadilan-pengadilan pada akhir tahun 2013, akan tetapi hasilnya tidak mengecewakan.

Aplikasi SIAD ini selain mendukung transparansi sebagaimana dimaksud dalam keputusan KMA 1-144 Tahun 2011, juga meningkatkan percepatan penyelesaian berkas perkara.

Pada acara launching tersebut juga diadakan simulasi aplikasi sistem baik di lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara maupun di lingkungan Peradilan Militer mulai dari pendaftaran di Meja I, Penetapan Majelis Hakim oleh Ketua, penunjukan panitera pengganti oleh Panitera, dan penetapan hari sidang oleh Ketua Majelis Hakim, serta pembuatan berita acara oleh panitera pengganti yang dapat dilakukan secara otomatisasi, tidak perlu adanya pengetikan ulang seperti nama para pihak dan yang lainnya. Pengaplikasian ini juga menghindari adanya copy paste perkara lain dalam pengetikan baik dalam penetapan, berita acara, maupun putusan yang kadang-kadang menyebabkan adanya kesalahan. Hasil aplikasi SIAD ini juga dapat dicetak yang akan menjadi buku register induk perkara. Bapak Ketua Mahkamah Agung RI Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H.,M.H. juga berkesempatan untuk mencoba mengecek pelaksanaan aplikasi SIAD di daerah-daerah. 

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta