Minggu, 19 Agustus 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2014-04-23 13:27:53
Acara Pembukaan Bimbingan Teknis SIAD-PTUN Sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi TUN Jakarta

 Yogyakarta, 15 April 2014. Bertempat di Ruang Rama Shinta Hotel Jayakarta Yogyakarta, pada hari Selasa jam 20.00 WIB., acara Bimbingan Teknis SIAD-PTUN sewilayah Pengadilan Tinggi TUN Jakarta dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi TUN Jakarta, Bapak Istiwibowo, S.H.,M.H. Selain dihadiri oleh Wakil Ketua dan para hakim tinggi Pengadilan Tinggi TUN Jakarta beserta para peserta Bintek, acara juga dihadiri oleh Dirjen Badimiltun Mahkamah Agung, Bapak Sulistyo, S.H.,M.Hum., Ibu Sri Agustin Sumarningrum, S.H.,M.M. Kasubdit Pengembangan Tenaga Teknis Peradilan TUN yang mewakili Direktur Binganis TUN Mahkamah Agung, Ketua Pengadilan TUN Yogyakarta Bapak H. Ariyanto, S.H.,M.H.

Peserta Bintek berjumlah enam puluh satu orang yang terdiri dari Ketua, Hakim, Panitera, dan Panitera Pengganti baik dari Pengadilan Tinggi TUN Jakarta maupun dari ketujuh satker di wilayah Pengadilan Tinggi TUN Jakarta. Acara akan berlangsung selama tiga hari dari hari Selasa, tanggal 15 April 2014 sampai dengan Kamis, 17 April 2014 yang akan diisi dengan pemaparan berbagai materi tentang SIAD-PTUN maupun simulasi yang dilakukan oleh para peserta. Penyaji materi selain dari Bapak Dirjen Badimiltun sendiri, juga dari Tim SIAD-PTUN.

Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi TUN Jakarta menyampaikan bahwa dipilihnya Yogyakarta sebagai tempat acara Bintek adalah karena kota Yogyakarta sebagai kota pelajar dan kota budaya sehingga selain para peserta mendapatkan materi yang berguna dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, para peserta juga sekaligus akan mengenal dan mencintai budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sendiri.

Ketua Pengadilan Tinggi TUN Jakarta juga menyampaikan bahwa SIAD-PTUN merupakan sarana dalam menunjang pekerjaan sehari-hari. Tujuan akhirnya adalah percepatan penyelesaian perkara. Dengan penerapan SIAD-PTUN maka pekerjaan akan lebih cepat selesai, akuntabel, dan kontak person akan berkurang dan pelayanan kepada para pencari keadilan dapat diberikan seoptimal mungkin.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa menurut Tun Desak Waringin, cara untuk menjadi pandai ada tiga hal yaitu invest energi, invest lebih banyak waktu, dan invest frustasi. Oleh karena itu untuk meningkatkan kapabilitas, para peserta diharapkan mengikuti dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkan waktu yang ada, serta mengemukakan kendala-kendala yang dihadapi mumpung ada Tim SIAD-PTUN demi kemajuan Peratun. Diharapkan setelah selesai mengikuti Bintek ini, para peserta pulang ke tempat kerja masing-masing dengan membawa ilmu dan wawasan yang baru dan ditularkan kepada teman-teman lainnya agar memiliki irama dan passion yang sama sehingga memberikan output dan outcome yang positif.

Bapak Dirjen Badimiltun Mahkamah Agung dalam pengarahannya menyampaikan bahwa teknologi informasi merupakan sarana untuk menuju badan peradilan yang agung. Inti penggunaan teknologi informasi adalah untuk mendapatkan kepercayaan publik. Dalam  blue print Mahkamah Agung, tahun 2035 diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap dunia peradilan sudah mencapai 90%. Penggunaan teknologi informasi merupakan sarana menciptakan transparansi sehingga kesan ketertutupan peradilan dapat ditiadakan sehingga para pencari keadilan akan percaya terhadap produk-produk peradilan. SIAD-PTUN berguna dalam percepatan penyelesaian perkara sehingga masyarakat pencari keadilan dapat dengan cepat mendapatkan produk-produk peradilan yang diinginkan dan melakukan upaya-upaya hukum selanjutnya untuk mendapatkan kepastian hukum. SIAD-PTUN juga berguna dalam pengawasan intern karena atasan, baik Ketua pengadilan maupun Dirjen dapat melihat pergerakan penyelesaian perkara.

Acara pembukaan SIAD-PTUN ditutup pada pukul 22.00 wib dan akan dilanjutkan pada keesokan harinya.

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta