Selasa, 16 Januari 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2015-06-10 10:38:19
Kunjungan Mahasiswa Universitas Hasanuddin

Jakarta, 4 Juni 2015, Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, yang berjumlah kurang lebih lima puluh orang didampingi dari pihak kampusnya melakukan kunjungan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta. Dalam sambutannya, Prof. Achmad Ruslan, S.H.,M.H.  selaku pendamping menjelaskan maksud kunjungan rombongan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta yaitu untuk mengetahui secara langsung dan mendapatkan informasi tentang revitalisasi di bidang administrasi peradilan.

Dari pihak Pengadilan Tinggi TUN Jakarta diwakili oleh Hakim Tinggi Ibu Nuraeni Manurung, S.H.,M.Hum., Bapak Didik Andy Prastowo, S.H.,M.H., serta Bapak H. Iswan Herwin, S.H., M.H., oleh karena Bapak Ketua Pengadilan Tinggi dan beberapa hakim tinggi lainnya sedang melakukan Dinas Luar. Dalam penjelasannya, Ibu Nuraeni Manurung, S.H.,M.Hum. menguraikan tugas-tugas Pengadilan di bidang administrasi dan bidang teknis. Sedangkan Bapak Didik Andy Prastowo, S.H.,M.H. menjelaskan tentang keberadaan Pengadilan Tinggi TUN dan jenis-jenis perkara yang menjadi kewenangannya, termasuk kewenangan Pengadilan Tinggi TUN sebagai pengadilan tingkat pertama dalam hal telah dilakukannya upaya banding administratif, termasuk juga kewenangan dalam sengketa TUN Pemilu. Menurut beliau, sebagai Peradilan administrasi negara, banyaknya perkara yang ditangani oleh Pengadilan TUN tidaklah mencerminkan keberhasilan pengadilan karena yang lebih penting untuk dilihat adalah dengan sedikitnya perkara di Pengadilan TUN maka hal tersebut mencerminkan tertibnya administrasi aparat yang mematuhi hukum.

 

Kuinjungan UNHAS

 

Bapak H. Iswan Herwin, S.H.,M.H. yang juga merupakan alumni Unhas merasa berbahagia dengan adanya program studi hukum administrasi di Unhas karena hukum administrasi itu sangat penting dalam penyelenggaraan negara. Lebih lanjut beliau menjelaskan tentang ruang lingkup pengadilan TUN baik untuk tingkat pertama maupun tingkat banding serta struktur pengadilan pada umumnya.

Acara dilanjutkan dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya dimana kesempatan tersebut dimanfaatkan oleh beberapa mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang hendak mereka ketahui lebih lanjut tentang Peradilan TUN.

Seorang mahasiswa sedang mengajukan pertanyaan

 

 

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta