Selasa, 21 Agustus 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2015-09-07 16:30:07
Penyampaian Dukungan Moril dari Komite Aksi Solidaritas Untuk Munir Terhadap Penyelesaian Perkara Banding Perkara Gugatan Pembebasan Bersyarat Pollycarpus

Jakarta, Senin, 7 September 2015. Pada hari ini sekitar jam 14.00 WIB beberapa elemen masyarakat yang tergabung dalam Komite Aksi Solidaritas Untuk Munir (KASUM) melakukan orasi di depan Gedung Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara. Humas Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Bapak H.M. Arif Nurdu`a, S.H.,M.H. didampingi oleh Panitera Bapak H. Bahri, S.H., Wakil Panitera Bapak Muljadi, S.H.,M.Si., serta Wakil Sekretaris Bapak Cahya Rahayu, S.H. menemui perwakilan dari aksi tersebut yang diwakili oleh beberapa orang antara lain dari Warga Miskin Kota, keluarga korban peristiwa 1998, mahasiswa Universita Jayabaya, serta Universitas Pelita Harapan. Astri, perwakilan dari Sahabat Munir menyampaikan dukungan terhadap Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta dalam nantinya menangani perkara banding yang saat ini masih dalam proses administrasi di Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta. Di tingkat pertama, gugatan pihaknya terhadap Pembebasan Bersyarat Pollycarpus telah diputus oleh Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta dengan amar “Menyatakan gugatan Penggugat tidak diterima”. Astri berharap Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta dalam memeriksa dan memutus perkara tersebut tidak boleh takut, berani, independen, dan bebas dari intervensi karena mungkin adanya tekanan dari pihak luar terhadap perkara tersebut. Dia juga mengharapkan Pengadilan Tinggi TUN Jakarta menjadi ruang bagi pihaknya untuk mencari keadilan.

Menurut pendapat dari perwakilan mahasiswa, mereka memberikan semangat kepada Pengadilan Tinggi TUN Jakarta dalam penegakan hukum di negara Indonesia. Sementara perwakilan dari Warga Miskin Kota mengharapkan agar Pengadilan Tinggi TUN Jakarta memberikan contoh kepada generasi muda demi masa depan bangsa dan negara di masa yang akan datang dengan memberikan putusan yang seadil-adilnya demi penegakan hak asasi manusia.

Dalam tanggapannya, Bapak H.M. Arif Nurdu`a, S.H.,M.H. menyampaikan apresiasi atas usaha yang telah dilakukan dalam memperjuangkan hak asasi manusia di Indonesia, termasuk perjuangan dari alm. Munir. Lebih lanjut beliau juga menyakinkan bahwa Pengadilan Tinggi TUN Jakarta akan memproses dan mengadili perkara banding tersebut sesuai dengan hukum acara dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, tanpa adanya tekanan atau intervensi dari phak manapun. Pengadilan Tinggi TUN Jakarta akan menangani perkara tersebut dengan sebaik-baiknya dan berupaya melayani masyarakat secepat mungkin dengan segera meng-upload putusan dalam website. Pengadilan Tinggi TUN Jakarta berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui one day publish, one day service, one day minutering.

Pada kesempatan tersebut secara simbolis pihak yang mewakili aksi tersebut juga memberikan payung hitam yang melambangkan payung hukum dan memberikan keteduhan.

 

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta