Selasa, 21 Agustus 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2016-01-15 16:27:52
Pesan Ketua Kamar Tata Usaha Negara Bpk. Imam Subechi, SH, MH dalam serah terima Sertifikat ISO 9001-2008 sekaligus perayaan sederhana ulang tahun PERATUN.

Mengambil lokasi di lantai 12 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Direktorat Jenderal Badan Peradilan  dengan alamat Jalan Ahmad Yani Kav 58 Jakarta. Acara yang dirangakai dengan beberapa acara sekaligus demi efesiensi dan di hadiri para pejabat yang berwenang,  tetapi tidak mengurangi makna dari perayaan dan penyerahaan sertfikita Iso itu sendiri.

Dalam sambutannya selaku  Ketua Kamar Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI, Bapak DR. Imam Subechi, SH,  MH  mengajak setiap yang hadir untuk mengucapkan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkah dan rahmatNya  semua diberikan kesehatan dan kesempatan sehingga semua dapat berkumpul dalam acara penyerahan  Sertifikat ISO 9001:2008 kepada  Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Pengadilan TUN Jakarta, PTUN Samarinda dan PTUN Denpasar, ditambah hari ini juga bertepatan dengan seperempat abad berdirinya Peradilan Tata Usaha Negara.

International Organization for Standardzation atau yang biasa akrab di telinga dengan sebutan ISO dan dalam Indonesia dikenal sebagai salah satu standar Internasional dalam suatu sistem manajemen untuk pengukuran mutu sebuah organisasi.  Bagi badan Peradilan ISO memiliki peran yang sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan Capaian Kinerja, Efesiensi dan Efektivitas dalam upaya meningkatkan kepuasan dan kepercayaan para pencari keadilan dan pengguna jasa pengadilan.

Dalam kaitannya dengan penyelenggara Peradilan kepuasan dan kepercayaan masyarakat pencari keadilan maupun pengguna jasa pengadilan tersebut dapat terpenuhi apabila sistem manejemen peradilan dirancang sedemikian rupa agar dapat merespon kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapan mereka yakni terselenggaranya layanan peradilan dengan Cepat, Tepat, Berkualitas,Transparan dan dapat Dipertanggungjawabkan.

Upaya tersebut harus senantiasa diiringi perbaikan dan peningkatan secara berkelanjutan. Atas dasar itu penerapan ISO 9001-2008 sistem manajemen mutu, pimpinan dan seluruh jajaran pengadilan  yang bersangkutan harus mempunyai komitmen untuk konsisten melaksanakan persyaratan-persyaratan yang ditentukan  dalam ISO 9001-2008, yaitu sistem manajemen yang memenuhi persyaratan standar kualitas Internasional.

Standar ini memberikan dasar yang diperlukan untuk memastikan konsistensi dalam tingkat layanan yang disediakan oleh masing-masing pengadilan TUN yang memperoleh sertifikasi ISO 9001-2008. Oleh karenanya dalam kesempatan ini beliau berpesan kepada Pengadilan Tata Usaha Negara yang telah memperoleh sertifikasi  agar mempertahankan prestasi terebut dan senatiasa secara berkelanjutan ditingkatkan, karena sistem manajemen mutu ini akan ditinjau secara berkala.

Dalam kesempatan ini diingatkan pula bahwa Mahkamah Agung sebelumnya telah menerbitkan Keputusan Nomor 026/KMA/SK/II/2012 tanggal 9 Februari 2012 tentang standar pelayanan Peradilan yang berlaku bagi 4  (empat) lingkungan peradilan. Keputusan ini merupakan pedoman bagi tiap-tiap satuan kerja pada seluruh badan peradilan dalam memberikan pelayanan kepada publik dan mengatur lebih lanjut detail pelaksanaan pelayanan yang harus dilaksanakan tiap satuan kerja yang bersangkutan.

Dengan demikian penerapan ISO diharapkan dapat bersinergi dengan instrument standar pelayanan peradilan yang diatur dalam SK diatas, sehingga mutu layanan pengadilan dioptimalkan terhadap para pencari keadilan dan pengguna jasa keadilan.

Selaku ketua kamar Tata Usaha Negara  Mahkamah Agung RI, beliau mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama turut mensyukuri dengan iringan doa sekaligus dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun PERATUN XXV, bertepatan jatuh pada tanggal 14 Januari 2016. Semoga keberadaan PERATUN tetap dapat mempertahankan perannya sebagai badan Peradilan yang melaksanakan fungsi kontrol hukum terhadap tindakan Badan/Pejabat pemerintahan dalam melaksanakan fungsi pemerintahan.

Semakin leluasa dan kompleks urusan pemerintahan dibarengi dengan perkembangan ketatanegaraan dan pemerintahan serta sistem demokrasi dan politik saat ini menjadi tantangan sendiri bagi PERATUN. Oleh karenanya dalam kesempatan ini beliau berpesan kepada jajaran Peradilan untuk menjaga Marwah Pengadilan dengan cara meningkatkan Integritas Profesionlismenya agar dapat merespon dan menjawan tantangan tersebut dalam penegakan hukum.

Beliau juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Badan sertifikasi PT TUV NORD yang diwakili oleh Bapak Bayu Wicaksono dan PT. ASRI CERT Indonesia  yang diwakili oleh Bapak Hasnop Putra Minang. Dalam peranannya memberikan pelatihan dan arahan-arahan sehingga mengubah pola pikir dan pola sikap di jajaran peradilan TUN yang telah mendapatkan sertifikasi sehingga sesuai dengan sistem manajemen mutu dalam ISO 9001-2008.

 

 

 

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta