Minggu, 18 Nopember 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2017-02-10 08:25:54
Ketua MA Membuka Pameran Kampung Hukum 2017

Ketua MA Membuka Pameran Kampung Hukum 2017

Ratusan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum berbaur menjadi satu dalam Kegiatan Pameran Kampung Hukum yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Utara No. 9-13 Jakarta pada Kamis, 09 Pebruari 2017. Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. mendorong 12 (dua belas) Institusi Hukum Lembaga Negara di Indonesia untuk terus mengembangkan inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik. Acara bertema Meningkatkan Kepercayaan Publik Melalui Pelayanan Prima di Era Digital diikuti oleh 12 (dua belas) utusan dari Institusi Hukum Lembaga Negara, seperti : Komisi Yudisial (KY), Polri Kejaksaan Agung (Kejagung), MPR, Mahkamah Konstitusi (MK), Kemenkumham, KPK, PPATK, LPSK, BNN dan Ombusman RI.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. yakin bahwa pada Kegiatan Pameran Kampung Hukum Tahun 2017 ini pun banyak inovasi pelayanan publik di bidang penegakan hukum. Adapun inovasi yang nantinya dikembangkan oleh ke-12 Institusi Hukum Lembaga Negara tersebut dapat bersinergi dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia. Adapun inovasi yang telah dihasilkan Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam pelayanan publik, diantaranya Penerbitan Perma Nomor 13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Perkara Pidana oleh Korporasi yang merupakan implementasi dari perluasan subjek hukum pidana dalam bentuk Korporasi.

Sementara dalam Bidang Teknologi dan Informasi, Mahkamah Agung Republik Indonesia dan 4 (empat) lingkungan Badan Peradilan yang berada di bawahnya telah melakukan pengembangan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) atau yang dikenal dengan Case Tracking System (CTS), Sistem Informasi Pengawasan (SIWAS), penerapan Aplikasi Penghitungan Panjar Biaya Perkara (e-SKUM), penerapan Audio to Text Recording (ATR), pengembangan fitur E-Exam sebagai bagian dari peningkatan fungsi E-Learning (Elmari), dan penerapan Sistem Peradilan Pidana Terpadu (SPPT). Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H. berharap bahwa Pameran Kampung Hukum 2017 yang digelar oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia juga menjadi ajang bertukar informasi antar Institusi Hukum Lembaga Negara dan juga sebagai sarana untuk mensosialisasikan programnya kepada publik. 

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. Ridwan Masyur, S.H., M.H. menuturkan bahwa Pameran Kampung Hukum merupakan salah satu rangkaian dalam Sidang Pleno Mahkamah Agung. Pameran Kampung Hukum juga bertujuan mensosialisasikan informasi mengenai peran dan fungsi dari Mahkamah Agung kepada masyarakat. Dalam Pameran ini juga digelar dua buah talkhsow dengan dua tema, yaitu talkshow bertajuk Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu-lintas dengan Sistem e-Tilang dan Pertanggungjawaban Pidana oleh Korporasi Menurut Perma Nomor 13 tahun 2016. Pameran Kampung Hukum merupakan sebuah terobosan yang dilakukan Mahakamah Agung untuk terus meningkatkan kepercayaan publik.( sumber : www.ditjenmiltun.net)

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta