Senin, 28 Mei 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2017-11-27 19:28:48
Pelantikan Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta


 

Senin, 27 November 2017.  Tepat pukul 11.00 WIB upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Bapak Wahidin, SH, M.M. dimulai. Aula Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta sudah terisi oleh seluruh pegawai dan undangan yang hadir, diantaranya adalah Ketua Pengadilan Tinggi TUN Medan, Bapak H. Bambang Edy Sutanto Soedewo, S.H.,M.H.  

Sejak Bapak Muljadi, S.H.,M.Si. pensiun sebagai Panitera Pengadilan Tinggi TUN Jakarta pada bulan Juni 2017, Panitera masih kosong dan tugas sehari-hari dilaksanakan oleh Bapak Maruba Silalahi, S.H.,M.H. sebagai Pelaksana tugas Panitera. Bapak Wahidin, S.H.,M.M. sebelumnya menjabat Panitera pada Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan dan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor  583/Djmt/10/2017 tanggal 17 Oktober 2017 menduduki jabatan baru sebagai Panitera Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta.

 

Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Bapak Dr. Istiwibowo, S.H, M.H. Sesuai dengan Pasal 38 Ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2009, tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara, sebelum memangku jabatan wajib mengucapkan sumpah/mengangkat janji. Sebelum pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi TUN Jakarta mengingatkan bahwa sumpah/janji yang diucapkan tidak hanya didengar dan disaksikan oleh yang hadir saja, melainkan lebih dalam lagi bahwa sumpah/janji yang diucapkan nanti akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.  

Setelah pengucapan lafaz sumpah yang dibacakan oleh Ketua yang diikuti oleh Bpk. Wahidin, S.H.,M.M., acara dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas. Bertindak sebagai saksi adalah Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi TUN Jakarta, Bapak H. Syamsir Alam, S.H.,M.H. dan T. Sjahnur Ansjari, S.H.,M.H.

 

Setelah selesai mengucapkan lafaz sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas, Ketua Pengadilan Tinggi TUN Jakarta memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Ketua Pengadilan Tinggi  TUN Medan yang turut hadir dalam acara pelantikan Panitera Pengadilan Tinggi TUN Jakarta. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa acara pelantikan serta penandatangan Pakta Integritas ini bukan acara seremonial belaka, kepercayaan yang sudah diberikan negara harus dijaga sebaik-baiknya, oleh karena itu harus diterima dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan dengan penuh komitmen.

Bapak Ketua juga berpesan kepada Panitera yang baru dilantik agar menghindari hal-hal yang bersifat negative, hal yang akan menurunkan citra pengadilan di publik.  Apa yang tertera di pakta integritas agar dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. 

Dengan pelantikan ini maka Bapak Wahidin, S.H.,M.M. sudah resmi menjabat sebagai panitera. Dengan adanya Panitera yang baru diharapkan kinerja Pengadilan Tinggi TUN Jakarta meningkat kualitasnya dalam pelayanan bagi para pencari keadilan.

Hal lain yang diharapkan oleh Bapak Ketua adalah agar pelaksanaan PERMA Nomor 7, Nomor 8, dan Nomor 9, serta kode etik Panitera dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. 

Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta sudah memiliki ISO, akan tetapi juga melakukan Akreditasi. Dengan dilantiknya Panitera yang baru, maka ada beberapa pekerjaan rumah  yang menghadang, dan sejatinya pelantikan ini bukan sudah selesai tapi baru memulai, terkait dengan penanganan perkara dan progress akreditasi yang akan dilakukan.

 

Sebelum menutup kata sambutan,  Bapak Ketua kembali mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas,  selamat telah diberikan amanah dan kepercayaan  yang baru. Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan ramah tamah.

Maju Terus Peradilan Tata Usaha Negara.

 

 

 

 

 

 

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta