Berita Peradilan > Rapat Rutin Bulan Oktober 2019 PTTUN Jakarta





Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta mengadakan rapat bulanan pada hari Selasa  tanggal 15 Oktober 2019 periode Bulan Oktober 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama.       

Rapat dipimpin oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta, Sulistyo, SH, M.Hum pada pukul 09.00 WIB dengan agenda : 1. Evaluasi Kinerja masing-masing sub bagian; 2. Himbauan pembuatan audio peringatan perilaku anti gratifikasi ; 3. Dan lain-lain yang dianggap perlu

Sehubungan dengan masalah kedisiplinan dan integritas, Bapak KPTTUN Jakarta kembali mengingatkan Perma 7, 8 tahun 2016 serta Maklumat  Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 01 / Maklumat / KMA / IX / 2017 tanggal 11 September 2017.

Berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 7 Tahun 2016 tentang Penegakkan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya dan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan Atasan Langsung  di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya, Ketua Pengadilan Tinggi TUN Jakarta menegaskan agar para Hakim dan setiap Atasan selalu melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap para bawahannya secara berkala dan berkesinambungan.  Hal itu dilakukan guna meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas maupun memastikan tidak ada lagi Hakim dan aparatur (bawahannya ) melakukan perbuatan  yang dapat merendahkan wibawa, kehormatan dan martabat Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya .



Apabila ditemukan suatu pelanggaran, akan dilakukan tindakan secara berjenjang. Apabila yang melakukan pelanggaran seorang Hakim, maka   Ketua Pengadilan akan diminta pertanggung jawabannya. Begitu juga jika seorang pejabat eselon III, IV dan para staf, maka atasan langsungnya akan dimintakan pertanggung jawabannya.

Berdasarkan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 01 / Maklumat / KMA / IX / 2017, jika terjadi suatu pelanggaran akan berdampak kepada pimpinan. Apakah pimpinan telah melakukan pengawasan dan pembinaan secara berkala atau belum.

Pada rapat bulanan tersebut, mengemuka permasalahan yang ada di masing-masing bagian, baik kepaniteraan maupun kesekretariatan.  Rapat ditutup pada pukul 11.00 WIB .