Selasa, 23 Oktober 2018  
2016-06-16 12:38:20 Diingatkan kepada Masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang mengatasnamakan Hakim atau Pejabat Peradilan untuk memenangkan Perkara di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta
    



2011-06-30 12:22:52
KETUA MA : "KEADILAN ADALAH ROH DARI HUKUM"

DENPASAR, "Keadilan dan hukum merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Tidak bisa seseorang berbicara hukum tanpa mengetahui apa keadilan, dan tidak bisa pula orang berbicara keadilan tanpa mengetahui apa landasan hukumnya. Apabila hanya salah satunya saja yang disebutkan makan akan lahir penilaian yang bersifat subjektif dan sewenang - wenang. Maka keadilan adalah roh dari hukum dan mutlak tak terpisahkan" ungkap Ketua MA, Harifin A Tumpa dalam Sambutannya di Pengadilan Tinggi Denpasar dalam rangka peresmian 14 Gedung Pengadilan yang dipusatkan di Pengadilan Tinggi Denpasar pada Kamis, 30 Juni 2011.

Baginya, hal ini penting disampaikan kepada para warga peradilan di Bali mengingat prestasi pengadilan di wilayah Bali yang cukup membanggakan. “Di sini dari Laporan Ketua Pengadilan Tinggi, perkara eksekusi tanah tidak seperti di wilayah lain yang biasanya diwarnai oleh perlawanan. Mudah –mudahan prestasi ini dapat dipertahankan”.

Sementara Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika menyatakan selamat atas diresmikannya 14 gedung pengadilan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. "Sebuah kehormatan bagi kami di provinsi Bali bahwa acara peresmian ini dipusatkan di Pengadilan Tinggi Denpasar. Saya berharap dengan hadirnya kantor pengadilan tinggi yang lebih representative ini dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada para pencari keadilan khususnya di wilayah Bali. Kami menilai langkah Mahkamah Agung harus terus didukung oleh semua lapisan masyarakatdalam rangka proses penegakan hukum di Tanah Air. Belakangan pemberitaan mengenai hukum menjadi sorotan masyarakat, namun hendaknya masyarakat dapat bersikap lebih bijaksana dalam menelaah pemberitaan tersebut. Sudah selayaknya para aparat keadilan memberikan kepastian hukum namun perlu disadari bahwa hal itu tidak akan terwujud tanpa peran aktif semua pihak."

Bagi Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar, I Gusti Made Antara dalam laporannya menyatakan bahwa kehadiran Gedung Pengadilan Tinggi Denpasar ini akan memotivasi Pembangunan gedung baru bukanlah suatu tujuan, pembangunan ini adalah sara untuk mencapai tujuan. Pembangunan Gedung Pengadilan Tinggi Denpasar dimulai sejak tahun 2006 dan menghabiskan dana sekitar 26 Milyar. Adapun pengadilan yang diresmikan yaitu : PT Denpasar, PTA Makassar, PA Mangkajene, PA Pare Pare, PA Makale, PTA Kendari, PA Bau Bau, PA Raha, PA Kupang, Mahkamah Syariah Aceh, Mahkamah Syariah Tapaktuan, Mahkamah Syariah Sigli, Dilmiltama Jakarta, Dilmilti III Surabaya, dsn Dilmilti I - 03 Padang.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Ketua MA Bidang Yudisial, Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, Para Ketua Muda, Gubernur Bali, Kapolda Bali, Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar dan jajarannya, Walikota Denpasar, dan para undangan lainnya ini dimulai pukul 10.00 WITA dan berakhir pukul 12.00 WITA. Peresmian gedung ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan balon oleh Ketua MA dan pengguntingan pita oleh istri Ketua MA.

Pembangunan gedung baru ini bukanlah suatu tujuan, namun pembangunan ini adalah sebuah sarana untuk mencapai tujuan yakni meningkatkan pelayanan di bidang hukum kepada para pencari keadilan demi mewujudkan visi Mahkamah Agung untuk menjadi Badan Peradilan yang Agung.

 

::back::

 


Copyright 2012 All Rights Reserved Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta